Minggu, 22 Mei 2011

KULINER BETAWI, OISHI DESUYO


Untuk masyarakat Jakarta khususnya orang Betawi, pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Kue Rangi, itu nama yang sangat popular di kalangan masyarakat Betawi. Makanan ini sangat enak dan legit dan di jual per satu porsinya Rp 1.000,-. Kue Rangi terbuat dari Campur kelapa parut, ampas kelapa, tepung sagu, dan garam. Dan untuk lapisan atasnya di beri gula merah yang sudah di cairkan dan di bakar di atas cetakan yang menggunakan kayu sehingga menambah kenikmatan dan menjadi cirri khas dari kue rangi.
Sayangnya, kue rangi sudah sulit di cari di Jakarta. Di sebabkan semakin banyaknya makanan impor dan sudah di anggap kuno oleh sebagian orang yang terkena efek moderenisasi. Tetapi untuk sebagian penikmat kue rangi, kue rangi adalah makanan yang cocok untuk di jadikan cemilan enak di siang hari.
Beruntung untuk warga Depok khususnya di daerah Depok II Timur dalam, karena kue rangi akan sangat mudah di jumpai. Di sebabakan di sana masih ada pedagang kue rangi yang sudah 23 tahun berjualan kue tersebut. Beliau selalu lewat di depan rumah saya (JL.Citanduy Raya) dengan gerobak biru khasnya sekitar jam 14.00 WIB.
Dari usia saya masih sekitar 6 tahun, rasa yang kue rangi buatan beliau tidak pernah berubah hingga detik ini. Rasanya khas sekali dan amat sangat oishi desuyo (sangat enak). Khusus bagi para penikmatan kue rangi yang sudah kangen ingin memakannya, tidak akan pernah menyesal membeli kue rangi tersebut. Dan untuk masyarakat yang belum pernah makan kue rangi, segeralah membeli kue rangi beliau. Di jamin enak dan murah, tidak kalah dengan makan cemilan modern yang ada di mal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar