Minggu, 22 Mei 2011

Safety Riding dan Tips untuk pengemudi


Safety Riding! Sama halnya dengan istilah Safety Driving bagi pengguna mobil, istilah Safety Riding mengacu kepada perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keselamatan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain.

Selama mengendarai kendaraan di jalan baik mobil maupun motor, kita harus selalu hati-hati, dan memperhatikan keselamatan selama di perjalanan.
Selama di perjalanan, sebagai pengemudi harus mengetahui batas waktu yang ditentukan untuk selamat dalam mengendarai kendaraan; 
 * Batas pengemudi tanpa istirahat 4 jam
* Batas mengemudi per hari 9 jam
* batas mengemudi per minggu 56 jam
* Waktu istirahat per hari 11 jam
* Waktu istirahat per minggu 45 jam
Waktu diatas berlaku untuk mengendarai kendaraan dalam jarak jauh.
Selain itu yang perlu diperhatikan pada si pengemudi adalah emosi dari pengemudi di jalan, sebaiknya hindari menyalip kendaraan dari lajur kiri karena berbahaya dan juga biaskan antri dalam keadaan macet.
Hal yang paling penting juga adalah penggunaan handphone, DILARANG menggunakan alat komunikasi apapun dalam mengendarai kendaraan baik mobil maupun motor, baik telepon maupun sms sudah banyak kejadian kecelakaan yang diakibatkan lalinya pengemudi pada saat penggunakan alat komunikasi dua arah ini,penggunaan handsfree tidak banyak memmbantu juga karena dapat menghilangkan konsentrasi pengemudi, Sebaiknya menepi dahulu untuk menggunakan alat komunikasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar