Sabtu, 21 Mei 2011

Menerapkan Prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Perangkat Keras TIK





1. Bagian-bagian Peralatan Komputer yang berbahaya bagi Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Bagian dalam komputer tersusun dari rangkaian yang berarus listrik sehingga kesehatan dan keselamatan kerja penggunanya benar-benar diperhatikan. Beberapa hal yang membahayakan kesehatan dan keselamatan pengguna komputer adalah sebagai berikut:
a. Pemasangan kabel penghubung listrik dengan CPU harus benar sehingga tidak menimbulkan hubungan pendek pada rangkaian listriknya.
b. Perhatikan masukan tegangan listrik ke CPU, apakah tegangannya naik turun atau tidak, sebab dengan tegangan yang tidak stabil dapat mengakibatkan CPU rusak.
c. Gunakan ground listrik yang baik agar tidak menyisakan tegangan listrik pada casing atau monitor, sehingga pengguna komputer tidak terkena setrum
d. Atur jarak antara mata dengan monitor sesuai dengan aturan.
e. jangan menggunakan keyboard dengan memukul.
2. Posisi Duduk dan Jarak Pandang dengan Monitor yang Benar
Saat menggunakan komputer, pengguna komputer harus memperhatikan posisi duduknya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerjanya. Posisi duduk yang baik diantaranya menggunakan kursi yang ada sandarannya dan hendaknya posisi kepala tidak terlalu menengadah sehingga pandangan sejajar dengan monitor. Penenmpatan keyboard dan mouse disarankan tidak terlalu sulit atau sesuai dengan jangkauan tangan. posisi duduk yang nyaman akan membuat pengguna komputer dapat menigkatkan efektivitas dan produktivitas kerjanya.
Jarak pandang yang benar dengan monitor juga penting diperhatikan. jika mengabaikan hal tersebut, maka akan berakibat mata cepat lelah, mata sakit, leher terasa tegang, badan menjadi pegal, dan lain sebagainya. jarak pandang yang baik antar mata dengan monitor adalah 46-47cm. Selanjutnya, perhatikan pula pencahayaan di ruangan tersebut, pengaturan cahaya yang baik akan mengurangi radiasi dari cahaya monitor ke mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar