Sabtu, 21 Mei 2011

Simbol Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium


Di dalam lingkungan kerja, khususnya di lingkungan laboratorium, sangat banyak bahan yang perlu mendapatkan perhatian. Ini perlu dilakukan sebab bahan bahan ini mempunyai resiko tinggi pada saat digunakan. Simbol keselamatan kerja di laboratorium mutlak harus diinformasikan kepada semua orang yang ada di lingkungan kerja.

Informasi mengenai keselamatan kerja memang sangat penting agar tidak terjadi kecelakaan kerja di lingkungan kerja. Ini sangat penting sebab keselamatan kerja menunjang produktivitas kerja. Jika para pekerja tidak mengalami kecelakaan, maka mereka dapat bekerja secara maksimal. Simbol keselamatan kerja di laboratorium sangat terkait dengan keselamatan kerja.

Ada banyak simbol keselamatan kerja di laboratorium yang dipasang di berbagai posisi di lingkungan kerja tersebut. Semua simbol tersebut memang harus diletakkan di tempat yang mudah di lihat. Hal ini karena simbol keselamatan kerja ini adalah informasi bagi semua orang.
Beberapa simbol yang sering kita jumpai di laboratorium adalah sebagai berikut:


Poison
Simbol ini menunjukkan bahan-bahan yang mempunyai sifat sebagai racun. Setiap bahan yang bersifat racun harus kita beri simbol ini agar setiap orang  mengetahui bahwa bahan bersangkutan berbahaya. Dengan simbol ini, maka orang orang dapat melakukan hal hal penting terkait dengan pencegahan kecelakaannya.

Flammable
Simbol ini berarti bahan bahan yang mudah terbakar . Karena itu, di sekitar lingkungan kerja tersebut tidak boleh ada api. Api yang ada dapat merangsang bahan sehingga terbakar.

Corrosive
Simbol ini menunjukkan bahwa bahan yang dimaksudkan mempunyai sifat dapat merusak jaringan hidup. Dalam pemakaiannya, bahan ini dapat menyebabkan proses perkaratan sehingga dapat merusak bagian bagian benda lain, bahkan jaringan hidup.

Irritant
Bahan ini mempunyai sifat yang sangat peka terhadap tubuh kita dan mudah bereaksi. Jika bahan ini masuk ke tubuh maka dapat membakar kulit, merusak selaput lendir atau menganggu sistem pernapasan

Toxic 
Bahan bahan yang diberi simbol ini menunjukkan bahwa sifatnya berbahaya dan dapat menyebabkan sakit keras, bahkan bisa menyebabkan kematian jika ada sebagian masuk ke jaringan tubuh.

Oxidising Agent
Bahan jenis ini mempunyai sifat mirip dengan bahan yang mudah terbakar. Hanya saja bahan ini dapat menghasilkan panas bila bersentuhan dengan bahan lain terutama bahan-bahan yang mudah terbakar

Explosive
Simbol bahan menunjukkan bahan yang mudah meledak jika terkena panas, api atau sensitif jika mengalami proses gesekan atau goncangan. Oleh karena itu, bahan ini tidak boleh didekatkan dengan api atau bergesekan dengan benda lain.

Radioactive
Bahan-bahan yang dikelompokan pada simbol ini bersifat radioaktif. Bahan ini dapat memancarkan sinar berbahaya, sinar radioaktif yang dapat merusak jaringan tubuh.

High voltage
Simbol ini merupakan peringatan terhadap listrik tegangan tinggi. Seperti kita ketahui, listrik dalam sebuah laboratorium juga dibutuhkan untuk proses proses tertentu. Dengan menggunakan listrik, maka kita dapat melakukan berbagai pekerjaan di laboratorium.

No Smoking
Simbol keselamatan ini sebenarnya  ada dimana-pun. Pada banyak tempat kita melihat ada  simbol ini, terutama di tempat tempat umum. Arti dari simbol ini adalah menunjukkan bahwa area atau lingkungan tersebut semua orang dilarang merokok

Area larangan menyalakan api
Di lingkungan kerja laboratorium, biasanya juga dipasang simbol keselamatan kerja yag menyatakan bahwa di lingkungan tertentu dilarang menyalakan api

Dengan memperhatikan simbol keselamatan kerja di laboratorium, maka kita dapat melakukan kegiatan kerja dengan penuh kehati hatian dan terbebas dari kemungkinan
kecelakaan saat bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar