Sabtu, 21 Mei 2011

Resiko pada lingkungan kerja di Perusahaan Minyak Bumi





Resiko yang terjadi dalam aktivitas kerja manusia berkaitan dengan kemungkinanterjadinya kecelakaan kerja. Setiap kecelakaan tidak terjadi begitu saja, tetapi terdapat faktor  penyebabnya.  
Apabila  faktor  tersebut  dapat  kita  ketahui,  maka  kita  dapatmelakukan pencegahan ataupun penanggulangan terhad kecelakaan tersebut.Penyebab utama kecelakaan adalah :a. Kondisi tidak aman (unsafe condition)  Hal ini berkaitan dengan mesin/  alat  kerja  seperti  mesin  yang  rusak  ataupun  tidak  berfungsisebagaimana mestinya. Selain itu kondisi tidak aman juga dapatberupa kondisi lingkungan kerja yang kurang mendukung, sepertipenerangan yang kurang, keadaan bising, kebersihan maupun instalasiyang kurang baik. Kondisi tidak aman juga dapat diakibatkan olehmetode / proses produksi yang kurang baik. Hal ini dilihat dari sistempengisian bahan kimia yang salah, pengangkutan beban secara manal /menggunakan tenaga manusia.b. Tindakan tidak aman (unsafe action). Tindakan tidak aman ini lebih berkaitan terhadap Personal pekerja,

  antara  lain  menggunakanperalatan  yang  kurang  baik,  sembrono  dalam  bekerja,  tidak menggunakan alat pelindung diri maupun menjalan sesuatu tanpawewenang.c. Kelemahan  sistem manajemen.  Kelemahan sistem manajemen  iniseringkali  terkait  dengan  sistem  prosedur kerja  yang  tidak  jelasataupun tidak adanya standar yang dapat menjadi acuan bagi pekerjadalam melakukan kegiatan kerjanya.Dari  penyebab  kecelakaan  di  atas,  tentunya  akan  berpengaruh  pula  padalingkungan kerja dan lingkungan hidup sekitarnya. Kecelakaan kerja khususnya di bidangindustri seringkali diikuti dengan adanya kerusakan lingkungan terlebih jika kecelakaanindustri tersebut berskala besar. Bagi para pekerja sendiri tentunya akan berakibat cederabahkan kematian jika kecelakaan yang terjadi sangat fatal, sedangkan bagi lingkunganhidup  akan  terjadi  gangguan  keseimbangan  ekosistem  bahkan  penurunan  kualitaslingkungan hidup. Penurunan kualitas lingkungan ini biasanya disebabkan oleh adanya  
bahan sisa proses produksi yang masih mengandung zat kimia berbahaya. Zat kimiaberbahaya ini tidak hanya terjadi akibat dari kecelakaan industri, namun bahkan lebihsering sebagai akibat dari sistem pengolahan limbah industri yang tidak baik.Suatu lingkungan kerja meliputi :
1. Faktor Mekanis.
2. Faktor Fisik.
3. Faktor Kimia.
4. Faktor Biologi.
5.FaktorErgonomi.
Lingkungan  kerja  yang  kondusif  mendukung  terciptanya  keselamatan  dankesehatan kerja, terpelihara sumber produksi dan tercapainya produktivitas kerja yangtinggi Lingkungan kerja yang baik dan cara kerja yang baik disamping faktor-faktor laindi masyarakat akan menciptakan  lingkungan  umum / hidup yang terjamin  secara komprehensif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar