Minggu, 22 Mei 2011

Pentingnya Posisi Menyetir Mobil


Tahukah anda bahwa posisi duduk anda saat menyetir adalah awal dari safety riding alias mengemudi yang aman. Pasalnya bila pengemudi duduk pada posisi yang benar maka pengemudi dapat bereaksi cepat, mudah dan aman terhadap suatu kejadian. Misalkan waktu mengemudi mobil tanpa airbag sebaiknya posisi tangan pada pukul 10 dan 2. Apabila mobil memiliki airbag maka posisi tangan sebaiknya di pukul 9 dan 3. Demikian juga  jarak antara setir dan badan jangan terlalu jauh atau dekat. Tujuannya agar anda sigap bereaksi mengarahkan mobil dan tidak lekas lelah.

Mengenai sabuk pengaman juga merupakan perlengkapan wajib dalam keselamatan berkendara. Kenakan sabuk pengaman dengan posisi yang benar agar tidak mengganggu pergerakan mengemudi sekaligus mampu memberikan perlindungan maksimal saat kecelakan.

Pada sejumlah mobil mahal memang dilengkapi fitur keselamatan yang memadai yang mengadopsi teknologi F1. Namun anda tidak perlu khawatir jika kendaraan anda tidak memiliki. Sebab dengan sikap dan paradigma mengemudi aman, anda sudah mampu melakukan langkah antisipasi atau pencegahan. Jadi sepanjang posisi mengemudi anda seperti pengemudi angkot atau mikrolet yang menyandar di pintu kendaraan, segera ubah demi keselamatan mengemudi anda.

1 komentar: