Senin, 02 Mei 2011

Tips Sehat Untuk Mahasiswa Sibuk

 
 BANYAK mahasiswa yang hidup sendiri alias indekos. Lantaran hidup seperti itu, mahasiswa cenderung terbenam dengan keasyikan dan kesibukan kampus serta sejumlah aktivitas lainnya. Sehingga, jadwal makan terbengkalai.
Untuk mengatasi masalah itu, mahasiswa biasanya kerap mendatangi restoran makanan siap saji. Padahal, makan merupakan hal penting yang membuat kesehatan mahasiswa terjaga. Makanan yang baik dapat menjaga stamina mereka dalam beraktivitas.
Berikut beberapa tips makan sehat bagi para mahasiswa.

1. Pentingnya sarapan
Sarapan sangat berpengaruh pada pencapaian akademis. Jika tak punya waktu, Anda sebaiknya beli makanan ringan untuk mengisi perut sebelum memulai kesibukan, seperti biskuit, buah-buahan, dan jus buah.
2. Pilah pilih fast food
Bila terpaksa makan fast food, pilihlah menu dengan bijak. Pilih piza yang topping-nya tak terlalu banyak keju dan sandwich berukuran sedang. Hindari kentang, ayam goreng, dan sandwich ikan karena mengandung banyak lemak yang berbahaya bagi tubuh.
3. Simpan camilan sehat
Simpan camilan sehat di kamar. Simpanan itu sangat berguna jika suatu waktu terpaksa begadang mengerjakan tugas kuliah. Cemilan sehat itu seperti kue beras atau yang terbuat dari gandum, buah-buahan, dan yoghurt.
4. Makanan kaya kalsium
Mahasiswa yang usianya di awal 20-an tahun sangat memerlukan banyak kalsium untuk tetap menghindari osteoporosis di kemudian hari. Jika tak suka susu, munimlah yoghurt yang rendah lemak.
5. Kurangi gula
Selain menambah kalori, gula juga berisiko merusak gigi. Maka itu, gunakanlah gula seminim mungkin saat menyeduh kopi, teh, atau sereal. Atau, Anda dapat menggunakan gula rendah kalori.
6. Banyak minum air
Tubuh kita setidaknya membutuhkan delapan gelas air per harinya. Apabila kita banyak beraktivitas, mungkin lebih banyak gelas. Untuk itu, sediakan selalu tempat minum di dalam tas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar