Sabtu, 21 Mei 2011

Potensi Bahaya pada Kilang MInyak




Secara umum bahaya yang timbul pada kilang minyak terdiri dari :
1. Jenis Pekerjaan, berhubungan dengan bahaya mekanik dan bahan kimia.
2. Crude Oil, berhubungan dengan bahaya uap gas, cairan yang mudah meledak,keracunan sulfur.
3. Cuaca, misalnya petir, badai, gelombang besar.

Bahaya Bahan Kimia
Kilang minyak menggunakan bahan – bahan kimia yang terkadang berbahayabagi kesehatan dan keselamatan manusia serta lingkungan hidup. Penangangan bahan – bahan kimia tersebut harus dilakukan dengan serius. Untuk membantu pekerja dalammemperlakukan bahan – bahan kimia tersebut, maka diberikan suatu sistem labeling yangdapat menunjukan jenis dan bahaya dari bahan kimia yang mereka gunakan.
Bahan – bahan kimia yang digunakan dalam proses produksi juga harus diberikaninformasi mengenai :
1.      Informasi bahan singkat :Informasi singkat mengenai jenis bahan, wujud, manfaat serta bahaya-bahayautamanya. Dari informasi singkat dan label bahaya, secara cepat bisa dipahami kehati-hatian dalam menangani bahan kimia tersebut.

2.      Sifat-sifat bahaya :
a) Bahaya kesehatan :Bahaya terhadap kesehatan dinyatakan dalam bahaya jangka pendek (akut)dan jangka panjang (kronis). NAB (Nilai Ambang Batas) diberikan  dalamsatuan mg/m³ atau ppm. NAB adalah konsentrasi pencemaran dalam udarayang boleh dihirup seseorang yang bekerja selama 8 jam/hari selama 5hari.  Beberapa data berkaitan dengan bahaya kesehatan juga diberikan,yakni :
• LD-50 (lethal doses) : dosis yang berakibat fatal terhadap 50persen binatang percobaan mati.
LC-50 (lethal concentration) : konsentrasi yang berakibatfatal terhadap 50 persen binatang percobaan.
•IDLH  (immediately  dangerous  to  life  and  health)  :pemaparan  yang    berbahaya  terhadap  kehidupan  dankesehatan.
           
b) Bahaya kebakaran :Ini termasuk kategori bahan mudah terbakar, dapat dibakar, tidak dapatdibakar  atau  membakar  bahan  lain.  Kemudahan  zat  untuk  terbakar ditentukan oleh :
• Titik nyala : suhu terendah dimana uap zat dapat dinyalakan.
Konsentrasi mudah terbakar : daerah konsentrasi uap gas yangdapat dinyalakan. Konsentrasi uap zat terendah yang masih dapatdibakar  disebut  LFL  (low  flammable  limit)  dan  konsentrasitertinggi  yang  masih  dapat  dinyalakan  disebut  UFL  (upper flammable  limit).  Sifat  kemudahan  membakar  bahan  lainditentukan oleh kekuatan oksidasinya.
• Titik bakar : suhu dimana zat terbakar sendirinya.
c) Bahaya reaktivitas :Sifat bahaya akibat ketidakstabilan atau kemudahan terurai, bereaksidengan zat lain atau terpolimerisasi yang bersifat eksotermik sehinggaeksplosif. Atau reaktivitasnya terhadap gas lain menghasilkan gas beracun.

3. Sifat-sifat fisika :Sifat-sifat fisika merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sifatbahaya suatu bahan.
4. Keselamatan dan pengamanan :Diberikan langkah-langkah keselamatan dan pengamanan :
a. Penanganan dan penyimpanan : usaha keselamatan yang dilakukanapabila bekerja dengan atau menyimpan bahan.\
b. Tumpahan dan kebocoran : usaha pengamanan apabila terjadibahan tertumpah atau bocor.
c. Alat pelindung diri : terhadap pernafasan, muka, mata dan kulitsebagai usaha untuk mengurangi keterpaan bahan.
d. Pertolongan pertama : karena penghirupan uap / gas, terkena matadan kulit atau tertelan.
e. Pemadaman api : alat pemadam api ringan yang dapat dipakaiuntuk  memadamkan  api  yang  belum  terlalu  besar  dan  carapenanggulangan apabila sudah membesar.
5. Informasi lingkungan :
Menjelaskan  bahaya  terhadap  lingkungan  dan  bagaimana  menanganilimbah atau buangan bhan kimia baik berupa padat, cair maupun gas. Termasuk didalamnya cara pemusnahan.

1 komentar:

  1. saya ingin berbagi kesaksian tentang bagaimana tawaran pinjaman mr pedro membantu hidup saya, bukan ide yang baik untuk menggunakan pinjaman gajian secara teratur. Jika Anda terus-menerus memperpanjang tanggal pembayaran Anda dan sering meminjam ke gaji Anda berikutnya, itu bisa memberi Anda banyak uang. namun, sama masuk akalnya untuk memutuskan pinjaman hari gajian karena mereka dapat dengan cepat disetujui pada hari yang sama ketika Anda memasukkan formulir aplikasi pinjaman Anda. Anda dapat menghubungi penawaran pinjaman mr pedro karena pinjaman gaji saya sangat cepat untuk diproses, email pedroloanss@gmail.com untuk meminta segala jenis pinjaman. whatsapp +18632310632

    BalasHapus